Rabu, 21 Juni 2017

Tips mendaki gunung aman bagi pemula

Posted by Dora on Rabu, 21 Juni 2017


Tips mendaki gunung yang aman  untuk pemula – Mendaki gunung sekarang ini semakin populer sebagai salah satu ide dan cara travelling di masyarakat. Dahulu, pendaki gunung hanya identik dengan orang-orang yang professional dan minat tertentu, namun berbeda dengan zaman sekarang. Mengagumkan, masyarakat kita khususnya kalangan muda sangat banyak yang mencintai kegiatan ini sampai mereka berlomba-lomba untuk melakukannya. Mendaki gunung atau sekedar hiking dan treking telah menjadi gaya hidup yang bisa "dijual" ketika eksis di media sosial.
Fenomena ini sebenarnya sanga menarik dan tidak ada yang salah, namun Anda harus sadar bahwa mendaki gunung perlu kehati-hatian. Untuk pendaki professional, mereka pasti telah hafal segala hal tentang pendakian gunung ini. Namun, jika Anda masih berstatus pemula, maka alangkah baiknya jika Anda memperhatikan tips mendaki gunung, supaya Anda dapat sampai dengan selamat dan travelling Anda semakin lancar dan berkesan. Berikut beberapa tips mendaki gunung bagi pemula. Simak baik-baik ya.

•    Lakukan Latihan Fisik
Pastikan kondisi tubuh Anda dalam keadaan prima sebelum memulai pendakian. Jika kamu termasuk orang yang jarang olahraga, maka berolahragalah bahkan 2 kali lipat dari biasanya jika kamu akan segera mendaki atau berorahraga seperti biasa minimal 3 bulan sebelum pendakian. Naik gunung bukan seperti berjalan di mall lho. Perlu stamina yang fit dan juga ekstra tenaga selama kegiatan ini berlangsung.

•    Pelajari Gunung yang Akan Didaki
Walaupun sebutannya sama, namun faktanya, setiap gunung itu berbeda medan lintasan dan karakteristiknya. Sebelum mendaki gunung, pastikan Anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai medan dan situasi gunung yang akan didaki. Hal ini juga dapat membantu persiapan kamu secara mental dan menjaga dari hal - hal buruk jika terjadi nantinya. Pelajarilah rute yang aman dan umum dipakai, untuk menghindari tersesat jalan dan datanglah HANYA pada saat gunung itu boleh didatangi. Jangan abaikan cuaca dan juga petunjuk lainnya demi keselamatan kita.

•    Siapkan Perlengkapan Secara Cermat
Di puncak gunung nanti mungkin akan minim atau bahkan  tidak akan ada fasilitas apapun, terutama jika anda mendaki gunung - gunung yang "tidak populer". Maka dari itu, persiapkanlah segala perlengkapan secara cermat. Pastikan kamu tidak lupa membawa barang-barang penting seperti perlengkapan tidur yang mudah dibawa, senter, kompas, jas hujan, pisau lipat dan peralatan makan portabel. Selain itu, bawalah makanan dan air minum yang lebih banyak sebagai cadangan. Jangan anggap sepele juga izin mendaki dari otoritas setempat  dan identitas anda, karena itu yang akan menjadi penyelamat anda ketika sesuatu hal buruk terjadi.

•    Gunakan Pakaian yang Tepat
Mendaki bukan fashion show, jangan sampai Anda pergi mendaki dengan pakaian seperti mau ke mall. Gunakanlah pakaian gunung yang nyaman, ringkas dan simpel serta usahakan memakai sepatu yang tepat untuk memudahkan pendakian. Untuk tas carrier, gunakan yang paling nyaman di pundak Anda dan bawalah isi sesuai keperluan anda, jangan berlebihan bro!

•    Pergi Mendaki dengan Teman yang Berpengalaman
Meskipun kalian telah mengetahui berbagai tips tentang persiapan, namun jangan mengambil risiko bagi Anda yang pertama kali akan mendaki. Pergilah dengan ditemani oleh kerabat yang telah berpengalaman atau mintalah rangers/pemandu setempat untuk menemani anda. Mendaki sendirian ga enak lohh..percaya dehh.

Nah, sekarang Anda sudah tahu beberapa tips mendaki gunung yang aman bagi pemula. Ingat untuk tidak menyepelekan hal ini ya. Be a smart adventurer.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar