Rabu, 21 Juni 2017

Tempat Wisata Edukasi Terbaik untuk Anak-anak

Posted by Dora on Rabu, 21 Juni 2017


Tempat Wisata Edukasi Terbaik untuk Anak-anak – Usia anak-anak adalah usia dimana kita bermain, bersuka cita, mengeksplor diri dan membentuk sikap serta kecerdasan. Jadi, anak-anak haruslah diberi waktu untuk bermain sesuai dengan hak dan usianyanya namun masih di bawah pantauan orang tua. Seperti yang kita tahu bahwa anak-anak tidak bisa mengatur segalanya seorang diri. Mereka membutuhkan guide yakni orang tua. Segala sesuatu yang anak Anda lihat, dengar, dan rasakan tentu akan mempengaruhi sikap dan kecerdasannya. Alangkah baiknya jika kita selaku orang tua selalu menyisipkan sisi edukasi untuk setiap kegiatan bermain anak.
Salah satu hal yang sangat digemari anak ialah berwisata pada hari libur. Tentu saja orang tua selalu ingin memberikan apa yang terbaik dan yang anak sukai. Nah, daripada berlibur ke sembarang tempat, orang tua lebih baik mengajak anaknya berlibur ke tempat wisata edukasi terbaik di Indonesia yang bukan hanya menyenangkan  namun juga mendidik. Berikut beberapa referensi  tempat wisata edukasi terbaik untuk anak-anak menurut saya dan sudah saya kunjungi hehehe

1.    Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
Siapa yang tak kenal TMII ini, salah satu destinasi wisata yang lengkap dan juga menarik, yang menjadi obyek wisata "senior" karena memang sudah eksis ketika dibangun tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975. TMII ini berisi  replica rumah adat dari berbagai daerah Indonesia. Dari sana, Anak Anda akan belajar mengenal jenis rumah adat dengan melihatnya langsung dan mengenal keragaman budaya bangsa kita. Apa yang dilihat langsung olehnya biasanya akan lebih melekat dalam ingatan. Selain itu, anak Anda juga bisa melihat pakian adat, benda bersejarah, senjata, alat musik dan lain sebagainya dari masing-masing daerah.
Anda juga bisa mengajar anak untuk mengunjungi museum atau ke pusat peragaan IPTEK di TMII ini sebagai tempat wisata edukasi pilihan untuk mereka.


3.    Monas dan Munas
Hmmm sekilas namanya hampir sama ya? Monas adalah singkatan dari Monumen Nasional, sedangkan Munas adalah Museum Nasional. Dua obyek wisata ini adalah ikon wisata di Jakarta, terutama Monas yang sering menjadi mark point bagi pendatang yang mengunjungi ibukota Jakarta pertama kali. Seakan belum lengkap jika liburan ke ibukota, tanpa mengunjungi Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Tugu Monas. Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden RI pertama yaitu Soekarno, dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monumen dan museum yang menampilkan replika dan diorama masa perjuangan ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 - 15.00 WIB. Pada hari Senin pekan terakhir setiap bulannya ditutup untuk umum. Setelah puas menikmati Monas, kita dapat bergeser dan menyebrang ke arah barat untuk mengunjungi Munas atau Museum Nasional. Museum Nasional Republik Indonesia atau Museum Gajah,- karena terdapat patung gajah di halaman depan museum ini, patung gajah berbahan perunggu ini adalah hadiah dari  Raja Chulalongkorn Thailand pada tahun 1871 yang kemudian dipasang di halaman depan museum - adalah sebuah museum yang terletak di Jakarta Pusat dan persisnya di Jalan Merdeka Barat. Museum ini merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Sejak 28 Mei 1979, nama resmi lembaga ini adalah Museum Nasional Republik Indonesia. Museum ini mempunya mempunyai sejarah panjang, yang dimulai dari zaman Belanda hingga akhirnya dikelola oleh pemerintah Indonesia seperti sekarang ini.

2.    Taman Pintar Yogyakarta
 Wisata edukadi terbaik kedua adalah Taman Pintar Yogyakarta. Taman ini dibuat memang bertujuan langsung untuk edukasi yang diharapkan dapat memperdalam pengetahuan anak-anak mengenai materi pelajaran yang diterima di sekolah. Taman ini khusus memberikan edukasi mengenai ilmu pengetahuan teknologi.

3.    Museum Purbakala Sangiran
Tentu museum selalu menjadi wisata edukasi terbaik untuk anak-anak Anda. Banyak sekali museum yang bisa memberikan edukasi namun salah satu yang terbaik ialah Museum Purbakala Sangiran ini. Sangiran sendiri telah dianggap sebagai salah satu situs terpenting di dunia untuk mempelajari manusia zaman dulu alias zaman purbakala. Segala hal mengenai manusia zaman purbakala akan anak Anda daapatkan di sini.




Itulah tempat wisata edukasi terbaik untuk anak Anda. Kalau bisa berwisata sambil belajar, mengapa tidak?

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar